Perawatan dan Perbaikan yang Diperlukan Sepeda

Perawatan dan Perbaikan yang Diperlukan Sepeda

Perawatan dan Perbaikan yang Diperlukan Sepeda – Seperti semua perangkat dengan bagian mekanis yang bergerak, sepeda memang memerlukan sejumlah perawatan rutin dan penggantian suku cadang yang aus.┬áSepeda relatif sederhana dibandingkan dengan mobil, sehingga beberapa pengendara sepeda memilih untuk melakukan setidaknya sebagian dari perawatannya sendiri.┬áBeberapa komponen mudah ditangani menggunakan alat yang relatif sederhana, sementara komponen lain mungkin memerlukan alat khusus yang bergantung pada produsen.

Perawatan dan Perbaikan yang Diperlukan Sepeda

Banyak komponen sepeda tersedia dengan beberapa harga/kualitas yang berbeda; produsen umumnya mencoba untuk menjaga semua komponen pada sepeda tertentu pada tingkat kualitas yang hampir sama, meskipun pada akhir pasar yang sangat murah mungkin ada beberapa komponen yang kurang jelas (misalnya braket bawah).

Ada beberapa ratus Organisasi Sepeda Komunitas dengan layanan bantuan di seluruh dunia. Di Organisasi Sepeda Komunitas, orang awam membawa sepeda yang perlu diperbaiki atau dirawat; relawan mengajari mereka bagaimana melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Layanan penuh tersedia dari mekanik sepeda di toko sepeda lokal.

Di area yang tersedia, beberapa pengendara sepeda membeli bantuan di pinggir jalan dari perusahaan seperti Better World Club atau American Automobile Association.

Pemeliharaan

Item perawatan paling dasar adalah menjaga agar ban tetap terisi angin dengan benar; ini dapat membuat perbedaan yang nyata tentang bagaimana perasaan sepeda saat dikendarai. Ban sepeda biasanya memiliki tanda di dinding samping yang menunjukkan tekanan yang sesuai untuk ban tersebut.

Perhatikan bahwa sepeda menggunakan tekanan yang jauh lebih tinggi daripada mobil: ban mobil biasanya berkisar antara 30 hingga 40 pon per inci persegi sedangkan ban sepeda biasanya berkisar antara 60 hingga 100 pon per inci persegi.

Item perawatan dasar lainnya adalah pelumasan rutin rantai dan titik pivot untuk pemindah gigi (derailleurs) dan rem. Sebagian besar bantalan pada sepeda modern disegel dan diisi minyak dan memerlukan sedikit atau tanpa perhatian; bantalan tersebut biasanya akan berlangsung selama 10.000 mil atau lebih.

Rantai dan blok rem adalah komponen yang paling cepat aus, sehingga perlu diperiksa dari waktu ke waktu (biasanya setiap 500 mil atau lebih). Sebagian besar toko sepeda lokal akan melakukan pemeriksaan tersebut secara gratis. Perhatikan bahwa ketika rantai menjadi sangat aus, roda/kaset belakang juga akan aus dan akhirnya cincin rantai, jadi mengganti rantai jika hanya sedikit aus akan memperpanjang umur komponen lainnya.

Dalam jangka panjang, ban akan aus (2000 hingga 5000 mil); ruam tusukan sering kali merupakan tanda ban yang aus yang paling terlihat.

Perbaikan

Sangat sedikit komponen sepeda yang benar-benar dapat diperbaiki; penggantian komponen yang gagal adalah praktik normal.

Masalah pinggir jalan yang paling umum adalah tusukan. Setelah melepas paku/paku/duri/pecahan kaca/dll yang menyinggung. ada dua pendekatan: perbaiki tusukan di pinggir jalan, atau ganti ban dalam dan kemudian perbaiki tusukan di rumah yang nyaman.

Beberapa merek ban jauh lebih tahan tusukan daripada yang lain, sering kali menggunakan satu atau lebih lapisan Kevlar; kelemahan dari ban tersebut adalah ban tersebut mungkin lebih berat dan/atau lebih sulit untuk dipasang dan dilepas.

Alat

Ada peralatan sepeda khusus untuk digunakan baik di toko maupun di jalan. Banyak pengendara sepeda membawa peralatan. Ini mungkin termasuk ban patch yang kit (yang, pada gilirannya, dapat berisi kombinasi dari pompa tangan atau CO2 Pump, tuas ban, spare tabung, patch perekat diri, atau tabung bahan-patch, perekat, sepotong amplas atau parutan logam (untuk mengasaran permukaan tabung yang akan ditambal).

Perawatan dan Perbaikan yang Diperlukan Sepeda

Kunci pas tipis khusus sering diperlukan untuk memelihara berbagai bagian yang dikencangkan dengan sekrup, khususnya, “kerucut” bantalan bola yang sering dilumasi dan kadang-kadang bahkan blok kapur Prancis), kunci pas, kunci hex, obeng, dan alat rantai.

Ada juga multi-alat khusus bersepeda yang menggabungkan banyak alat ini ke dalam satu perangkat kompak. Komponen sepeda yang lebih khusus mungkin memerlukan alat yang lebih kompleks, termasuk alat berpemilik khusus untuk pabrikan tertentu.