Bisakah Tren Bersepeda Kota Bertahan di Akhir Pandemi Covid-19?

Bisakah Tren Bersepeda Kota Bertahan di Akhir Pandemi Covid-19?

Bisakah Tren Bersepeda Kota Bertahan di Akhir Pandemi Covid-19? – Ketika pandemi Covid-19 pecah pada 2019-20, itu memiliki dampak besar di seluruh dunia, terutama di daerah perkotaan, di mana itu sangat menular. Lockdown dan jam malam diberlakukan, serta kerja jarak jauh dan pembelajaran jarak jauh, dalam upaya untuk mengurangi tingkat infeksi.

Sebagai mobil dan perjalanan pesawat turun drastis, kualitas udara ditingkatkan tidak sengaja karena adanya “penurunan belum pernah terjadi sebelumnya di CO2 emisi”. Pada saat yang sama, karena bersepeda adalah bentuk “mobilitas aman”, kota-kota terkemuka menciptakan jalur bersepeda “pop-up” untuk mendorong mobilitas jarak sosial. https://beachclean.net/

Bisakah Tren Bersepeda Kota Bertahan di Akhir Pandemi Covid-19?

Hasilnya adalah ledakan sepeda yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia. Hal itu antara lain dimungkinkan oleh sistem bike-sharing yang mulai menyebar di tahun 2000-an serta inovasi teknologi seperti sepeda listrik. Penekanan mendadak pada polusi rendah, transportasi aktif telah memungkinkan kota-kota untuk bergerak lebih dekat ke target pengurangan polusi – Inggris telah menargetkan pengurangan emisi sebesar 80% pada tahun 2050, sementara Prancis mengupayakan netralitas karbon pada tahun 2050.

Standar emas untuk transportasi aktif telah lama menjadi kota Amsterdam dan Kopenhagen, di mana bersepeda tertanam dalam budaya. Sedemikian rupa sehingga “Kopenhagenisasi” sekarang menjadi istilah umum di kalangan promotor bersepeda perkotaan. Meskipun mudah untuk berasumsi bahwa ini adalah budaya dan selalu demikian, Amsterdam hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses bersepeda selama tahun 1970-an.

Membawa perubahan transportasi dan gaya hidup dapat dicapai, tetapi membutuhkan kemauan politik dan dukungan publik. Contoh lain dari perubahan budaya yang signifikan dalam periode waktu yang lebih singkat termasuk penggunaan wajib sabuk pengaman di mobil dan larangan merokok di gedung-gedung umum. Amsterdam dan Kopenhagen menghadirkan standar tinggi untuk menilai kota lain, tetapi jika pertumbuhan bersepeda ingin aman dan berkelanjutan, standar harus tinggi.

Bagaimana Covid-19 telah membantu kota-kota beralih ke transportasi aktif

Tiga kota terkemuka – London, Paris, dan New York – semuanya memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai peluang untuk meningkatkan infrastruktur bersepeda guna meningkatkan mobilitas, mengurangi kemacetan, dan mengurangi polusi. Meskipun kota-kota ini berbeda, bagaimana perbandingan infrastruktur bersepeda mereka?

London

Pengenalan sejumlah “bersepeda superhighways” di London selama beberapa tahun terakhir telah memperluas fasilitas bersepeda terpisah, sementara rute di jalan yang ada telah meningkatkan keselamatan pengguna. Penambahan jalur bersepeda sementara dapat membantu menghubungkan fasilitas yang ada ini bersama-sama, untuk menyediakan rencana bersepeda yang nyaman dan komprehensif untuk London.

Sekretaris transportasi Inggris, Grant Shapps, telah mempromosikan bersepeda selama penguncian dan sebagai warisan pandemi, dengan menyatakan:

“Jutaan orang telah menemukan bersepeda – baik untuk berolahraga atau sebagai sarana transportasi yang aman dan jarak sosial. Meskipun tidak ada perubahan pada pesan ‘tinggal di rumah’ hari ini, ketika negara kembali bekerja, kami membutuhkan orang-orang itu untuk tetap berada di sepeda mereka dan bergabung dengan lebih banyak lagi.”

Untuk mendukung tujuan ini, pada Mei 2020 pemerintah membentuk dana perjalanan aktif darurat senilai £250 juta, membuka toko sepeda, dan mengeluarkan voucher perbaikan sepeda senilai £50 untuk mendorong orang bersepeda. Walikota London, Sadiq Khan, menargetkan 80% perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum pada tahun 2041.

Elemen kunci dari program ini, yang dikenal sebagai Streetspace, adalah pembangunan “jaringan bersepeda strategis, menggunakan bahan sementara”. Tujuannya adalah agar perubahan menjadi perlengkapan permanen, mengakomodasi proyeksi peningkatan 10 kali lipat dalam bersepeda.

Paris

Lama menjadi pendukung pengurangan lalu lintas mobil di Paris, walikota Anne Hidalgo telah mengakui bahaya polusi udara sehubungan dengan virus corona, menyebut kombinasi itu “koktail berbahaya”.

Selama masa jabatan pertamanya, dia mempelopori peningkatan yang signifikan dalam infrastruktur khusus bersepeda. Rue de Rivoli, yang membentang dari timur ke barat melalui jantung kota, telah dikonfigurasi ulang untuk mengurangi lalu lintas dan memprioritaskan bersepeda.

Ketika pandemi pecah, apa yang sudah setara dengan salah satu “jalan raya bersepeda” London menjadi dua kali lipat lebarnya, menghapus seluruh jalur yang dulu didedikasikan untuk lalu lintas mobil. Tujuan jangka panjangnya adalah meski pandemi berakhir, jalur sepeda pop-up akan menjadi permanen.

Kota ini juga telah memperkenalkan subsidi €500 untuk pembelian sepeda elektronik dan penggantian €50 untuk perbaikan sepeda

New York

New York mungkin bukan kota pertama yang terlintas dalam pikiran sebagai kota yang ramah sepeda. Namun, bahkan sebelum pandemi itu telah berkomitmen untuk “melanggar budaya mobil”, seperti yang dikatakan oleh ketua dewan kota Corey Johnson. Rencananya adalah menghabiskan $1,7 miliar untuk 250 mil jalur sepeda baru yang menambah 1.240 mil yang ada (480 di antaranya dipisahkan).

Pada periode awal pandemi, ini dilengkapi dengan beberapa penutupan jalan untuk bersepeda dan berjalan kaki yang lebih aman, tujuannya adalah penutupan jalan hingga 100 mil. Pada April 2020, Walikota Bill de Blasio membuka jalan sepanjang tujuh mil untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Ada juga komitmen untuk membuka jalur sepeda sementara selama bagian awal pandemi. Inisiatif “Jalan Terbuka” ini menutup 67 mil jalan pada akhir Juni 2020 dan juga menciptakan jalur sepeda yang dilindungi sementara, tetapi kota tersebut belum berkomitmen untuk menciptakan jaringan transportasi yang komprehensif bagi pengendara sepeda di sepanjang 6.000 mil jalan.

Akankah kota-kota terkemuka benar-benar “Kopenhagenisasi”?

Ujian dari komitmen kota-kota ini adalah apakah infrastruktur bersepeda baru akan bertahan setelah vaksinasi menyebar luas dan pandemi Covid-19 mereda. Akankah kita kembali ke pandemi penyakit yang berhubungan dengan polusi udara ? Apakah ada kemauan politik untuk memastikan bahwa booming sepeda ini bukan sekadar gejala pandemi yang berlalu?

Secara alami, politisi dan penduduk kota tidak secara seragam mendukung untuk meninggalkan cara lama, berapa pun biaya kesehatan dan sosial mereka. Di London, jalur sepeda sementara di Kensington dihapus hanya tujuh minggu setelah konstruksi meskipun digunakan setiap hari oleh ribuan pengendara sepeda.

Anggota Majelis London mengusulkan penghapusan jalur sepeda pop-up Euston Road, dan meluncurkan petisi untuk menghilangkan penutupan jalan, “jalan-jalan sekolah” dan lingkungan dengan lalu lintas rendah. Namun, survei tersebut hanya menerima 25% dari tanda tangan yang diperlukan, dan pemerintah menegaskan kembali komitmennya untuk bergerak ke arah perjalanan yang lebih aktif.

Walikota Paris Anne Hidalgo telah mengkonfirmasi bahwa 50 km jalur bersepeda sementara akan menjadi permanen, termasuk konversi Rue de Rivoli yang sangat simbolis di pusat kota.

Di New York, Bruce Schaller, seorang konsultan dan mantan pejabat transportasi kota, berkata, “Inilah saatnya untuk mengatur ulang jalan-jalan. Lalu lintas akan memenuhi seberapa banyak – atau seberapa sedikit – ruang jalan yang dialokasikan. Sekarang adalah waktunya untuk menggambar ulang garis secara harfiah.” Apakah tindakan yang diperlukan akan mengikuti adalah dalam keseimbangan.

Kunci pemulihan Eropa?

The New York Times telah menyatakan bahwa bersepeda sebagai bagian penting dari pemulihan ekonomi Eropa:

“Pemerintah berusaha untuk menghidupkan kembali ekonomi mereka… tetapi tidak dapat sepenuhnya bergantung pada transportasi umum… Setidaknya di daerah perkotaan, sepeda tiba-tiba menjadi komponen yang tidak mungkin untuk memulai  embali pertumbuhan ekonomi.”

“Kenormalan baru” untuk transportasi yang dipersonalisasi ini, dapat menjadi, dengan sendirinya, industri yang tumbuh untuk “pemulihan hijau”. Kebutuhan akan kebijakan yang jelas, pemikiran kreatif, dan investasi yang substansial sudah jelas dengan sendirinya.

Perubahan budaya diperlukan di seluruh dunia untuk memerangi polusi udara, dan di seluruh dunia, kelompok lokal mengambil kesempatan untuk perubahan dan mendorong orang untuk bersepeda. Inggris sepeda Is Terbaik dan Lebih Baik by Bike menyediakan sumber daya untuk pengendara sepeda baru.

Paris en Selle dari Prancis sedang berupaya agar lebih banyak penduduk kota yang bersepeda dan memperluas jalur sepeda ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak dapat diakses, seperti kawasan bisnis La Defense yang berpusat pada mobil. Bahkan di kota-kota seperti Houston, Texas, dan Mumbai, India, perjalanan dengan sepeda terus meningkat.

Bisakah Tren Bersepeda Kota Bertahan di Akhir Pandemi Covid-19?

Penurunan polusi udara yang tak terduga ketika pandemi berlangsung mengungkapkan bahwa kota dapat dibuat lebih menyenangkan dan aman bagi orang untuk tinggal dan bekerja. Mengingat pentingnya mengurangi emisi CO2 untuk melawan perubahan iklim, ini adalah peluang yang layak dimanfaatkan.